Cara Mengatasi Adsense Bisa Notifikasi Ads.txt, Terkini 19 Agustus 2021!

Kang Sodikin

Artikel ini ditujukan bagi Anda yg telah memiliki blog dan akun Google AdSense, namun ketika ini sedang mengalami hambatan yang relatif mengkhawatirkan, kerena penghasilan Anda menurut Google AdSense beresiko. Agar penghasilan Anda kondusif, maka Anda diharuskan sang Google buat memperbaiki masalah arsip ads.txt, kemudian bagaimana cara meperbaikinya? Di artikel ini akan dibahas sampai tuntas, cara mengatasi ads.txt, jadi silahkan baca sampai selesai, pelan-pelan saja, agar Anda dapat memiliki pemahaman yg utuh & tidak ada langkah yang terlewat.

Sedangkan bagi Anda yang belum punya blog, apalagi akun Google AdSense, namun kesasar membaca artikel ini, silahkan buat dulu blognya.apabila Anda belum memahami betul cara menciptakan blog, Blogger Firaun sudah buatkan pedoman membuat blog perdeo buat pemula. Tutorial menciptakan blog tadi cukup detail dengan disertai bahasa yang gampang, sehingga bagi pemula akan sangat membantu, jadi silahkan ikuti pedoman tersebut dengan baik.Oh ya, bila Anda belum punya blog, stop membaca artikel ini, buat dulu blognya sesuai langkah diatas ya.Update : Artikel ini kembali ditingkatkan kualitasnya pada 18 Agustus 2021 yang berupa penyelarasana bahasa, selain itu sebelumnya juga dilakukan upadate tentang jawaban menurut pertanyaan yang diterima oleh virtual admin (VA) Blogger Firaun.Pertanyaannya seputar bagaimana cara mengatasi peringatan ads.txt yang timbul dalam dashboard Google AdSense miliknya, dimana AdSense tersebut didaftarkan menggunakan subdomain .blogspot.com, & hingga ketika ini masih memakai subdomain blogspot. Update yang dilakukan adalah buat menambahkan jawaban berdasarkan pertanyaan diatas. Dimana jawaban tersebut terletak di akhir artikel, menggunakan sub judul cara mengatasi ads.txt di blogspot.AdSense Dapat Notifikasi Ads.txt, Begini Cara MengatasinyaPanduan Teknis Mengatasi Ads.txt

Untuk mengatasi peringatan arsip ads.txt yang muncul pada dashboar Google Adsense milik Anda, silahkan ikuti pedoman teknis ini. Baca pelan-pelan saja, supaya langkahnya sahih, jika ragu, silahkan ulangi paragraf yang membuat Anda ragu tersebut, supaya lebih kentara & paham. Berikut langkahnya :Pahami peringatan buat memperbaiki arsip ads.txt menurut GoogleKlik link "PERBAIKI SEKARANG"Download file ads.txtAktifkan arsip ads.txtKlik simpan perubahan

Supaya lebih jelas, silahkan simak uraiannya dibawah ini :1. Pahami peringatan buat memperbaiki arsip ads.txt berdasarkan Google. Seperti yg Anda ketahui, Google AdSense menaruh Anda warning, seperti ditunjukkan dalam screenshot dibawah.Pada kotakan merah terdapat goresan pena "Penghasilan Anda berisiko - Anda perlu memperbaiki beberapa perkara arsip ads.txt buat menghindari pengaruh yang berfokus pada pendapatan Anda".Kemudian, dibawah kalimat tersebut terdapat dua buah link, "PERBAIKI SEKARANG" & "PELAJARI LEBIH LANJUT".Notifikasi ads.txt timbul pada dashboard Google AdSense

2. Klik link "PERBAIKI SEKARANG". Setelah Anda klik "PERBAIKI SEKARANG", maka Anda akan dibawa kehalaman baru. Halaman tersebut menaruh fakta, bahwa Anda perlu mendownload arsip ads.txt & lalu menguploadnya balikke domain tingkat root.

Anda bingung dengan kata "domain taraf root"? Kalau begitu teruskan ikuti pedoman ini, maka tidak perlu resah, dan nanti kasus Anda akan terselesaikan dengan sendirinya.Untuk menghidarkan menurut resiko penghasilan, upload arsip ads.txt ke domain tingkat root

tiga. Download file ads.txt. Untuk mengupload file ads.txt ke domain taraf root, silahkan klik "download". Setelah Anda klik, maka arsip ads.txt akan terdownload. Jika file Ads.txt telah terdownload, silahkan buka  arsip tersebut.

apabila sudah Anda buka arsip tadi, tinggalkan sejenak, karena dari dashboard Google AdSense kita akan pindah ke dashboard Blogger.com.

4. Aktifkan arsip ads.txt. Untuk mengaktifkan file ads.txt, silahkan masuk ke dashboard blog Anda. Jika telah masuk, silahkan ke hidangan "setelan", sesudah masuk ke hidangan "sehabis" silahkan klik sub sajian "preferensi penelusuran".Disebelah kanan menu "preferensi penelusuran" terdapat poly sekali panel pengaturan, mulai berdasarkan "kesalahan & pengalihan", "Google Search Console" & masih banyak lainnya, akan tetapi jangan resah, yang perlu Anda cari dan wajibAnda temukan merupakan panel "ads.txt kustom".

Awalnya "ads.txt kustom" pada syarat non aktif, yg perlu Anda lakukan merupakan mengaktifkan "ads.txt kustom" tadi, menggunakan cara menandai pilihan "Ya", apabila sudah akan timbul dibawahnya sebuah kolom isian kosong. Pada kolom tadi, Anda nanti akan mengisikan file ads.txt yg telah didownload dari Google Adsense.Sekarang silahkan munculkan arsip xml notepad yg telah Anda buka tersebut (arsip ads.txt yg telah didownload).Jika telah silahkan copy kode yang terdapat pada lbr kerja notepad tersebut, lalu paste kode tadi dalam kolom isian yg timbul sehabis Anda menandai "Ya" tersebut (saat mengaktifkan ads.txt kustom).

Maka jika langkah yang Anda lakukan benar, hasilnya akan terlihat misalnya screenshot dibawah. apabila belum silahkan ulangi langkah diatas dengan benar, jangan keliru lagi ya.Contoh cara pemesangan & upload arsip ads.txt menggunakan sahih

lima. Klik simpan perubahan. Langkah terakhir merupakan dengan menyimpan perubahan, menggunakan begini maka file ads.txt telah berhasil diaktifkan. Selamat!Cek apakah ads.txt telah dipasang menggunakan benar

Jika telah menerapkan langkah-langkah diatas buat mengupload file ads.txt, maka seharusnya file ads.txt telah terpasang menggunakan  sahih. Tapi siapa yang memahami? Oleh karenanya butuh pengecekan.

Cara cek file ads.txt, adalah dengan mengetik alamat URL blog Anda, diikuti dengan ads.txt.  Ketikkan dalam browser ya, misalnya seperti ini : "https://namadomainanda.com/ads.txt" bila telah, silahkan enter, apabila ads.txt sudah berhasil dipasang dengan benar maka akan muncul notifikasi yg menampilkan kode arsip ads.txt yg Anda masukkan tersebut.

Jika yg timbul merupakan pesan not found atau error, maka ads.txt belum terpasang dalam blog. Silahkan ulangi memasang ads.txt, jangan lupa jangan hingga terdapat yang terlewat.Notifikasi ads.txt pada Google AdSense belum hilang

Jangan panik jika notifikasi ads.txt dalam akun Google AdSense Anda belum hilang, padahal pemasangan arsip ads.txt telah sukses.Hal itu terjadi karena membutuhkan waktu seminggu atau lebih sampai notifikasi warning ads.txt dalam dashboard Google AdSense buat hilang (dalam beberapa masalah notifikasi hilang dalam waktu 24 jam, dikejadian yg lain terdapat yg lebih dari sebulan notifikasi ads.txt baru hilang setelah pemasangan ads.txt).Jadi, sepanjang arsip ads.txt telah berhasil dipasang menggunakan sahih, maka tak kasus.

Apabila warning Ads.txt berhasil diatasi, maka warning merah yang terdapat diatas dashboard Google AdSense tadi akan hilang.

Selanjutnya, dashboard Google AdSense tadi akan tampak seperti screenshot dibawah ini (hasil tangkapan layar dashboard AdSense yg Blogger Firaun kelola).

Notifikasi Ad.txt berhasil diatasi pada dashboard Google AdSense yang dikelola oleh Bloggerfiraun.comCara Mengatasi ads.txt di Blogspot

Banyak sekali pembaca konten ini yg bahagia karena dia berhasil mengatasi ads.txt sesudah membaca tutorial ini.Namun ada beberapa orang mengeluhkan tentang cara ini gagal mengatasi file ads.txt yang muncul dalam dashboard Adsense, dimana AdSense tadi didaftarkan menggunkanan subdomain blogspot. Blogger Firaun bertanya-tanya, lantaran seharusnya cari ini dapat bekerja dengan baik buat akun AdSense yg didaftarakan memakai custom domain TLD maupun subdomain blogspot.

Disamping itu file ads.txt tak perlu seharusnya diupdate untuk AdSense yg didaftarakan menggunakan subdomian blogspot, namun arsip ads.txt yang dulu otomatis (lebih kurang tahun 2015 an, nir terdapat perintah mengupload file ads.txt di blogspot, yg ada hanya dua pilihan, mengaktifkan ads.txt atau tidak) dirubah sang Blogger.com jadi manual (wajibdiupload secara manual supaya arsip ads.txt aktif), mungkin ini keliru satu hal yg menyebabkan notifikasi tersebut muncul.

Solusi untuk konflik ini masih sama.Dengan cara diatas, upload file ads.txt secara manual, & apabila notifikasi ads.txt pada akun Google AdSense Anda belum hilang, permanen sabar, lantaran Blogger.com dan Google AdSense sedang sinkronisasi, tentu butuh saat. 

Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.