ADSENSE DAN BLOGGING

Kang Sodikin

A.               Memahami adsense dan blogging

Dalam Wikipedia disebutkan AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internetyang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemiliksitus web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannyadiperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukanoleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkanpemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yangdiklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc)atau bayar per klik.

Berawal dari memilikisebuah blog atau website maka nantinya kita akan mahir dalam bermain internettanpa terasa. Semua orang sama. Semua webmaster jago-jago internet berawal daribelajar. Awalnya mereka sama sekali tidak bisa dan memulai belajar dari nol. Akhirnya karena ketekunan dan semangat ingin bisa maka mereka menjadi seorangwebmaster handal.

Ada banyak cara dalammencari uang dengan blog. Salah satunya adalah google adsense. Google adsenseadalah aplikasi periklanan yang dijalankan oleh Google Inc. dengan caramenayangkan iklan google di website milik publisher adsense atau penayang iklangoogle.

Jika anda inginmendapatkan penghasilan melalui program ini, maka juragan harus mendaftarkanwebsite anda ke google adsense. Jika permohonan anda disetujui maka anda akanberhak menerima pendapatan/uang dari google berdasarkan jumlah iklan yangdiklik oleh pengguna di website anda.

Mendaftar googleadsense tidak mudah, karena website anda harus mematuhi kebijakan programgoogle adsense agar disetujui. Setelah memiliki akun google adsense juraganharus selalu mematuhi kebijakan program adsense yang bisa berubahsewaktu-waktu. Selain itu harus rajin update agar website banyak pengunjungnyasehingga earning/penghasilan adsense akan cepat cair. Jadi tidak hanya sekedarmenjadi publisher saja namun tidak pernah bayaran . Untuk meningkatkan penghasilanadsense anda, maka anda juga harus mempelajari berbagai macam produk adsenselainnya yang disediakan google secara gratis. Misalnya adalah program kemitraanyoutube. Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menayangkan iklan google yangditampilkan disamping video anda di youtube.

Agar juragan bisamemonetasi video anda di youtube, maka anda harus bergabung dengan mitrayoutube. Dan tentunya anda harus memiliki akun youtube agar bisa menguploadvideo anda yang syah. Untuk membuat akun youtube beserta cara mendaftar adsensedi youtube bisa juragan baca dibawah ini. Berawal dari sini maka nantinyajuragan akan memahami dan menguasai semua seluk-beluk internet. Juragan akanmemiliki keahlian atau skill bermain internet yang nantinya bisa menjadi hajathidup keluarga dengan mencari uang di internet. Dan hal-hal seperti itu telahbanyak dilakukan oleh banyak orang. Kerja dirumah tiap hari, bahkan di dalamkamar terus tidak pernah keluar rumah. Tapi setiap bulan menerima uang darihasil kerja di internet.

A.      Pengertianadsense dan blog

Adsense adalah programkerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. Melalui periklanan adsense,memiliki situs web atau blog yang telah terdaftardandisetujui oleh anggotanya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk danmaterinya telah di tentukan oleh google di halam web mereka. Pemilik situs webatau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari goolgeuntuk setiapiklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagaisistem pay per click(ppc)atau bayar per klik.

Blog merupakansingkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web menyurapai tulisan-tulisan(yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan inisering kali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudiandiikuti isi yang lebih lama), meski pun tidak selamanya demikian. Situs web iniseperti biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topikdan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

B.       Caramendapat persetujuan Adsense

1.      Gunakan Nama Asli dan Bukan Nick Names

Kesalahan ini jarang dilakukan, adabeberapa orang yang tidak sadar telah menggunakan nama panggilan mereka saatmendaftar. Sementara tidak ada dalam nama, saya merasa menggunakan namapanggilan dapat mendapatkan account Anda ditolak. Saya selalu menyarankanmenggunakan nama asli Anda.

2.       Terapkan Hanya Sekali

Jika Anda memiliki dua blog keduanyatidak memiliki Adsense, tidak berlaku untuk dua accountAdsense untuk kedua blog. Jika Anda telah mengirimkan permintaan dan belummenerima persetujuan atau penolakan e-mail, tidak berlaku untuk account lain. Saya yakin e-mail pemberitahuan akan datang. Meskipun akan memakan waktu. Biasanya dibutuhkan sekitar 2 hari, tapi mungkin diperlukan waktu lebih jikaada hari libur.

3.       Memiliki Konten Yang BaikKuantitas & Kualitas

Tim Google Adsense menyetujui situs yangmemiliki konten yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Mereka berduaharus berada dalam tingkat yang sama. Cyber Warrior sarankan berfokus pada"Kualitas" pertama karena saya merasa orang melihat kualitas artikeldan bukan jumlah artikel di blog Anda. Jadi fokus pada kualitas (60 persen) +kuantitas (40 persen).

4.  Memiliki Jumlah Pengunjung Yang Cukup

Sebuah blog yang sangat kurangpengunjungnya sama sekali tidak cocok untuk Adsense. Bagaimana sebuah blogtanpa pengunjung membuat uang dengan Adsense ? Maksudkujika tim Adsense akan menyetujui setiap account dan setiap ( Bahkan situsdengan lalu lintas sangat kurang atau tidak ada sama sekali ) saya pikir akansia-sia. Ini hanya akan meningkatkan ukuran database. Pastikan Anda memilikipengunjung  yang cukup sebelum anda mengajukan permohonan untuk Adsense.

5.  Membuat Website atau Blog Anda Terlihat Lebih  Profesional

Sebuah situs dengan tampilan berantakantidak akan disetujui di Adsense. Seiring dengan konten situs gaya dan tampilan jugapenting.

Pada prosespengembangan sistem sering kali kita dihadapkan kepada berbagai ragam teknologiatau berbagai jenis teknik pembuatan program. 

Misalnya dalam membuataplikasi kita menggunakan berbagai jenis database dengan gaya pemograman yangberbeda. Java memberikan fasilitas untuk menjebatani perbedaan tersebut denganapa yang di sebut interface

Misalkandalam membuat sebuat aplikasi besar/ enterprise kita menggunakan berbagai jenisdatabase seperti mysql, oracle dan sebagainya, kemudian dalam pembuatannya melibatkanteam yang besar dengan teknik pemograman yang berbeda beda.  Tentu saja akan merepotkan untuk melakukanpenelusuran jika da masalah dalam salah satu modul yang dibuat. Interface lebihmempermudah sistem analyst dalam membuat konsep aplikasi, interface miripdengan pola atau bisa juga disebut cetak biru aplikasi.

Cara kerjanya adalahberdasarkan prinsip semua proses yang ada di java harus menggunakan objectvariabel dari java, jadi yang dikenal adalah object java bukan dari luar,misalnya seperti kita ketahui sql command akan berbeda dari database yangberbeda, bahkan bisa jadi tipe fieldnya juga berbeda.  Jadi syarat penggunaan interface harusmenyamakan dahulu dengan melakukan Transfer Object(TO).

Interface tidak berisiperintah kepada system untuk melakukan sesuatu, interface hanya memetakan apayang harus dikirimkan dan apa yang diharapkan untuk dikembalikan dan sepertiyang di sampaikan di atas bahwa yang dikirimkan harus dalam bentuk object javabegitu pula yang dikembalikannya. Interface dalam kehidupan sehari hari ibaratsebuah clausul kontrak, yang berisi pasal pasal, namun pasal pasal tersebutmasih kosong dan akan di isi pada saat kontrak tersebut digunakan.  Walaupun semua pasal harus tercantum, tidakberarti setiap pasal tersebut harus ada penjelasannya. Apabila sebuah classjava menggunakan interface maka class tersebut meng implementasikaninterface.  Pada saat classmengimplementasikan interface walaupun semua yang ada di interface harus dicantumkan, namun tidak semuanya harus terisi dengan perintah atau proses.  Deklarasi interface harus public, karenamemang fungsi class pengguna interface adalah untuk digunakan secara public. Bicaratentang bahasa pemrograman berorientasi objek, misalnya C++, membolehkan suatukelas memiliki dua atau lebih kelas super. Hal ini disebut pewarisan ganda(multiple inheritance). Pada ilustrasi berikut, kelas E memiliki kelas super Adan B, sedangkan kelas F memiliki 3 kelas super. Pewarisan ganda seperti initidak diperbolehkan pada Java. Desainer Java ingin menjaga agar bahasa Javatetap sederhana, dan mereka merasa pewarisan ganda ini sangat kompleks dengankeuntungan yang tidak begitu besar. Akan tetapi, Java memiliki fitur lain yangbisa digunakan seperti halnya pewarisan berganda, yaitu antar muka (interface).

Kang Sodikin
Seorang blogger pemula dan penggemar fotografi makro. Belakangan, meski terbilang terlambat, sejak tahun 2017 mulai menekuni dunia blogging. Kang Sodikin suka berbagi informasi tentang banyak hal. Pengalaman pribadi dan dari hasil baca-baca dishare melalui blog sodikin.com ini. Mempunyai motto hidup "sekecil apapun, hidup harus memberi manfaat kepada orang lain"
Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Semoga komentar Anda berdampak pada kebaikan.